SUBA SE SALAM SE JO NGON MOI MOI

Senin, 26 November 2012

Peristiwa Sejarah Islam di Tahun 1 Hijriah (622-623 M) (Bagian Kedua, habis)

Mereka yang wafat:
 
1. Asad bin Zurarah
 
Abu Amamah, Asad bin Zurarah bin Udas bin Ubaid Anshari al-Khazraji al-Najjari (Asad al-Khair) seorang tokoh pemberani baik di masa Jahiliah dan Islam. Di masa Nabi Saw, ia bersama Dzakwan bin Abd Qeis pergi ke Mekah dan menyatakan keislamannya. Setelah itu mereka kembali ke Madinah. Mereka adalah Muslim pertama yang menginjakkan kakinya di kota Madinah. Ia juga merupakan satu dari 12 utusan yang ikut dalam baiat Aqabah. Dalam peristiwa baiat Aqabah ia mewakili Bani Najjar.
 
(Al-‘Alam Zarkali, 1/294, al-Isti'ab, 1/80, al-Ishabah, 1/50, Usd al-Ghabah, 1/86, Sair A'lam an-Nubala, 1/218, al-‘Ibar, 1/3)
 
2. Walid bin Mughirah
 
Abu Abd al-Syams, Walid bin Mughirah bin Abdullah bin Amr bin Makhzum. Ia adalah salah satu hakim Arab di masa Jahiliah dan termasuk tokoh zindiq kabilah Quraisy. Ia menjadi padanan seluruh warga Quraisy. Oleh karenanya ia dipanggil ‘Idl yang berarti padanan. Ketika warga Quraisy bersama-sama hendak menyiapkan kain Kabah, ia sendiri mampu melakukan itu. Walid termasuk orang yang mengharamkan minum khamr di masa Jahiliah dan ia pernah memukul anaknya Hisyam karena minum khamr.
 
Walid masuk Islam ketika telah tua, tapi ia tetap masih berusaha melawan Islam dan akhirnya menjadi musuh Islam. Ia menyebut Nabi Muhammad Saw sebagai tukang sihir. Karena menurutnya Nabi Saw membuat perselisihan dan perceraian antara seorang suami dengan isterinya. Ia meninggal dunia tiga bulan setelah hijrah. Ia adalah ayah dari Walid bin Khalid.
 
(Al-‘Alam Zarkali, 9/144, Tarikh Ibnu Atsir, 2/26, al-Muhabbir, 237-337.)

Sumber:
Rouidadha-ye Tarikh-e Eslam, Abdul Salam El Termanini, Tarjomeh Jamiy az Pazhouhesgaran, 1385, Qom, Pazhouheshgah Oluum va Farhang-e Eslami.
(IRIB Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik dan Berintelektual