SUBA SE SALAM SE JO NGON MOI MOI

Senin, 26 November 2012

Aksi Garang Oknum Ormas Islam, Gagalkan Asyura di Makassar

Acara peringatan Asyura warga Syiah di Nusantara kembali digagalkan oleh aksi garang sejumlah oknum yang mengatasnamakan ormas Islam.

Warga Syiah Makassar yang sedang memperingati syahadah Imam Husein as di Karbala, pada hari kesepuluh bulan Muharram atau Asyura, merencanakan dua event, pertama orasi dan pembacaan doa di plyover Graha Pena dengan tema "Derita Tanpa Ujung dari Karbala ke Gaza". Acara dimulai pukul sembilan pagi hingga pukul 11. Acara berjalan lancar.

Acara kedua, yaitu ceramah dan pembacaan maqtal (narasi duka Imam Husein as di Karbala), digelar di Gedung Pusat Penelitian Universitas Hasanuddin Makassar.

Namun acara kedua yang baru dimulai sekitar 25 menit itu, diinterupsi oleh sekelompok orang yang menyelonong  masuk membawa pentungan dan membubarkan jemaah.

Sebelumnya, situs Detik melaporkan sekitar seratus anggota Front Pembela Islam (FPI) Sulawesi Selatan mendatangi gedung Graha Pena, di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (23/11/2012) sekitar pukul 22.30. Massa FPI mencoba membubarkan peringatan Asyura yang diselenggarakan salah satu kelompok Syiah di Makassar.

Peringatan Asyura yang diselenggarakan Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) untuk memeringati gugurnya cucu Nabi Muhammad, Imam Husein Bin Ali yang syahid di Karbala pada 10 Muharram di abad pertama tahun hijriyah. Peringatan itu menghadirkan pentolan IJABI, Prof Jalaluddin Rakhmat.

Untungnya, aksi massa FPI Sulsel yang hendak merangsek masuk ke lantai II Graha Pena berhasil dihalau oleh seratusan anggota Polsek Panakukang dan Satuan Brimob Polda Sulsel yang bersenjata lengkap. Sempat terjadi insiden saling lempar antara massa FPI dan kelompok Syiah, namun berhasil diredam oleh aparat. 

Sumber: (IRIB Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik dan Berintelektual