SUBA SE SALAM SE JO NGON MOI MOI

Senin, 26 November 2012

Peristiwa Sejarah Islam di Tahun 1 Hijriah (622-623 M) (Bagian Pertama)

Tahun pertama Hijriah dimulai pada hari Jumat, 1 Muharram yang bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 M.

Peristiwa:

1. Hijrah Nabi Muhammad Saw dari Mekah ke Madinah Bersama Abu Bakar.

2. Nabi Muhammad Saw dan Abu Bakar tiba di Quba pada 8 Rabiul Awal (11 September 622 M) dan pembangunan masjid pertama dalam Islam di daerah ini.

3. Nabi Muhammad Saw dan Abu Bakar tiba di Yatsrib pada 12 Rabiul Awal (25 September 622) dan penamaan nama kota Yatsrib menjadi Madinah ar-Rasul.

4. Nabi Muhammad Saw tinggal di rumah Abu Ayyub al-Anshari hingga masjid dan rumah beliau selesai di bangun. Selesai pembangunan masjid dan rumah, beliau pindah dan tinggal di rumahnya sendiri.

5. Nabi Muhammad Saw mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan Anshar lewat ‘Aqd Ukhuwwah (Akad persaudaraan). Beliau juga menyusun dokumen yang berisikan konsep masyarakat Islam. Nabi Muhammad Saw mengadakan perjanjian dengan kabilah-kabilah Yahudi yang isinya tentang kerjasama dan pengakuan Nabi Muhammad Saw sebagai pemimpin (UUD Madinah)

6. Acara perkawinan Nabi Muhammad Saw dengan Aisyah, putri Abu Bakar, dimana akad nikah telah dilangsungkan tiga tahun sebelumnya di Mekah.

7. Bilal Habasyi mengumandangkan azan pertamanya di Masjidun Nabi.

8. Umat Islam mendapat izin untuk berperang dengan Musyrikin yang telah mengusir mereka dari tanah kelahirannya. (QS. al-Hajj: 39)

Kejadian Perang:

Nabi Muhammad Saw memulai kebijakannya dengan strategi melemahkan ekonomi Quraisy. Untuk beliau mempersenjatai satu kelompok umat Islam untuk menyerang konvoi dagang Quraisy yang pulang dari Syam.

Beberapa misi militer:

1. Sariyah Hamzah bin Abdul Muthalib, misi perang pertama dalam Islam yang dilakukan dengan resmi sambil membawa bendera. (Sariyah adalah perang tanpa partisipasi Nabi Muhammad Saw, -pen)

2. Sariyah Ubaidah bin Harits bin Abdul Muthalib.

3. Sariyah Saad bin Abi Waqash.

Catatan: Hari Jumat awal bulan Muharram tahun 1 Hijriah sama dengan tanggal 16 Juli 622 dan hari Sabtu 22 Jumadil Akhir tahun 1 Hijriah sama dengan 1 Juli 623.

Sumber:
Rouidadha-ye Tarikh-e Eslam, Abdul Salam El Termanini, Tarjomeh Jamiy az Pazhouhesgaran, 1385, Qom, Pazhouheshgah Oluum va Farhang-e Eslami.
(IRIB Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik dan Berintelektual