SUBA SE SALAM SE JO NGON MOI MOI

Sabtu, 24 November 2012

TSALABIAH; Tempat Persinggahan Kedua Belas Imam Husein as

Tempat Persinggahan Kedua Belas Imam Husein as

Imam Husein as hari Selasa, 22 Dzulhijjah tiba di tempat bernama Tsalabiah.
Tempat ini dinamai sesuai dengan nama seseorang bernama Tsalabiah dari kabilah Bani Asad. Di tempat ini ia menggali sumur dan setelah itu rombongan dari Kufah yang ingin menuju Mekah biasanya berhenti dan tinggal sebentar di dekat sumur itu.
Dalam buku Marashid al-Itthila' disebutkan bahwa di daerah ini dulunya ada sebuah desa yang kemudian musnah, tapi dikenal oleh setiap yang melewatinya.(1)
Di tempat ini juga seseorang menemui Imam Husein as dan menanyakan kepada beliau tafsir ayat "Yauma Nad'uu Kulla Unaasin Bi Imaamihim"... (Ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya ..."(2)
Imam Husein as menjawab, "Ada suara memanggil imam yang membimbing orang lain dan mereka yang mengikutinya akan menjawab. Kemudian dipanggil imam yang menyesatkan orang lain dan mereka yang mengikutinya akan menjawab. Kelompok yang pertama akan dibawa ke surga dan kedua dibawa ke dalam api neraka. Itulah mengapa Allah Swt berfirman, "Fariqun Fi al-Jannah Wa Fariqun Fi as-Sa'ir"(3) ... Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.(4)

Catatan:
1. Marashid al-Ittila', 2/664.
2. QS. Al-Isra: 71.
3. QS. As-Syura: 7.
4. Amali as-Shaduq, hal 93, Qamqam Zukkhar wa Shamsham Battar, 1/362, Al-Imam Husein wa Ashabuh, 1/166.

 Sumber: (IRIB Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik dan Berintelektual