SUBA SE SALAM SE JO NGON MOI MOI

Sabtu, 24 November 2012

HAJIR; Tempat Persinggahan Ketujuh Imam Husein as

Tempat Persinggahan Ketujuh Imam Husein as

Hari Selasa, tanggal 15 Dzulhijjah, Imam Husein as beserta rombongan tiba di tempat bernama Hajir. Tempat dimana orang-orang dari Basrah, Irak yang ingin pergi melaksanakan haji biasanya berhenti di sini.

Di tempat ini pula Imam Husein as menjawab surat yang dikirim Muslim bin Aqil yang isinya ditujukan kepada warga Kufah. Surat ini dibawa oleh Qeis bin Mushir Shaidawi dan saudara sesusuannya Abdullah Yaqthir.

Teks surat Imam Husein as sebagai berikut:

Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang.

Dari Husein bin Ali kepada saudara-saudara Muslim dan Mukmin.

Keselamatan atas kalian.

Saya menyampaikan kepada kalian segala puji kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia.

Amma Ba'du.

Surat Muslim bin Aqil telah sampai ke tangan saya. Isi surat ini memberikan informasi kepada saya akan optimisme kalian dengan berkumpul bersamanya. Karena ia pondasi pendukung kami dan tempat untuk menerima kebenaran kami. Saya memohon kepada Allah Swt semoga memberikan kebaikan kepada kita dan pahala yang besar kepada kalian.

Dari Mekah saya mulai bergerak menuju kalian sejak hari Selasa tanggal 8 Dzulhijjah, hari Tarwih... Ketika utusan saya sampai ke tempat kalian, maka hendaknya kalian bersegera mendekatinya dalam urusan pemerintahan. Seriusi urusan ini. Dalam beberapa hari lagi saya akan tiba di tempat kalian.

Salam dan rahmat Allah untuk kalian.(1)

Dua utusan Imam Husein as; Qeis dan Abdullah Yaqthir tertangkap di daerah Qadisiah oleh Hashin bin Namir.(2)

Catatan:

1. Al-Irsyad, 1/202, Bihar al-Anwar, 44/932.
2. Al-Irsyad, 2/70.

Sumber: (IRIB Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik dan Berintelektual