SUBA SE SALAM SE JO NGON MOI MOI

Sabtu, 24 November 2012

DZATU IRQIN; Tempat Persinggahan Keenam Imam Husein as

Tempat Persinggahan Keenam Imam Husein as

Satu tempat miqat, untuk memakai pakaian ihram, jamaah haji adalah daerah perbatasan antara Najd dan Tahamah. Daerah itu disebut Dzatu Irqin.

Imam Husein as beserta rombongan tiba di Dzatu Irqin pada hari Senin, 14 Dzulhijjah.(1)

Sekaitan dengan tibanya Imam Husein as di tempat ini, Allamah Majlisi menukil dari buku Tarikh ar-Rayyasyi:

"Perawi mengatakan, ‘Saya melaksanakan ibadah haji dan memisahkan diri dari rombongan... Sehingga saya tiba di tempat dengan sejumlah kemah yang berdiri di sana. Ketika itu saya bertanya, ‘Mana pemimpin dari kemah-kemah yang ada ini?'

Mereka menunjukkan kemah yang saya maksud. Saya berjalan ke depan. Tiba-tiba saya melihat Imam Husein as sedang bersandar pada kemah dan tampak sibuk membaca tulisan. Saya kemudian mengucapkan salam kepadanya. Setelah itu saya berkata, ‘Ayah dan ibuku sebagai tebusanmu! Mengapa engkau berhenti di padang pasir yang gersang ini?'

Beliau menjawab, ‘Mereka menakut-nakuti aku, sementara yang kau lihat ini adalah surat-surat yang dikirimkan penduduk Kufah kepadaku. Padahal saya tahu bahwa mereka adalah pembunuhku nanti. Bila mereka melakukan hal ini ... dan menghina kesucian ilahi, maka akan bangkit seseorang dari mereka dan membunuh mereka, sehingga mereka terlihat lebih hina dari kain yang terkena darah haid."(2)

Catatan:

1. Mu'jam al-Buldan, 4/107, Marashid al-Ittila', 2/932.
2. Bihar al-Anwar, 44/369.

Sumber: (IRIB Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik dan Berintelektual